Senin, 01 Februari 2016

TIDAK CUKUP SATU

Berangkat pagi, pulang sore. Seringkali berangkat subuh, malam baru tiba di rumah. Itulah hari-hari yang harus dijalani oleh perempuan-perempuan pekerja di Jakarta.

Jangan ditanya, betapa kusutnya wajah mereka di pagi hari ketika tiba di tempat kerja dan di sore (atau malam) hari ketika tiba di rumah, karena terjebak macet yang panjang.

Tapi bukan itu (hari-hari yang dijalani) yang ingin kutanyakan pada perempuan-perempuan pekerja di Jakarta.

Ada yang menarik perhatianku pada perempuan-perempuan pekerja tersebut. Selain membawa diri dan tas kerja, ada tambahan tas lagi yang dibawa. Ada macam-macam tas tambahan yang dibawa, seperti tas berbahan kain, tas berbahan karton dan ada juga tas yang berbahan parasut. Kantong kresek sudah jarang, kecuali habis belanja.

Mungkin dari 20 perempuan-perempuan pekerja yang membawa tas tambahan, hanya satu yang tidak membawa tas tambahan.

Ada alasan tersendiri bagi perempuan-perempuan pekerja tersebut membawa tas tambahan, karena tas utama terlalu kecil dan tidak muat untuk membawa barang yang harus dibawa, tas utama menjadi terlalu berat untuk menampung barang yang harus dibawa sehingga menyebabkan bahu menjadi sakit dan ada juga alasan karena takut tas utama menjadi rusak (talinya putus atau tasnya jebol).

Apa saja isi tas tambahan yang dibawa oleh perempuan-perempuan pekerja tersebut?  Setelah diintip, ada yang mengisinya dengan tempat makanan dan botol minuman (yang pasti ada isinya) untuk sarapan dan (atau) makan siang. Payung untuk menahan panas matahari pagi (padahal panas matahari pagi menyehatkan loh). Di musim hujan seperti saat ini, payung sangat dibutuhkan sekali, jadi harus ada di dalam tas tambahan. Ada juga yang mengisinya dengan buku bacaan untuk mengisi waktu dalam perjalanan berangkat atau pulang kerja.

Untuk perempuan-perempuan pekerja di Jakarta, selain yang sudah kusebutkan di atas, apa saja isi tas tambahan kamu?

Salam dari sesama pembawa tas tambahan,
Kulanku

Jakarta, 01 Februari 2016

#Harike-2 #30HariMenulisSuratCinta #PosCinta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar