Sabtu, 03 Juni 2017

Catatan Mengikuti Tantangan 30 Hari Membaca


Tantangan mengikuti "30 Hari Membaca" di instagram yang diadakan oleh akun miieruu yang berlangsung selama bulan Mei 2017 sudah berakhir empat hari yang lalu.

Tujuan diadakan tantangan tersebut adalah ajakan untuk membabat tumpukan buku yang dimiliki tapi belum juga dibaca. Yang menarik dari tantangan tersebut, selain ajakan membabat tumpukan buku, juga disediakan hadiah bagi pembaca buku terbanyak yang mengikuti tantangan tersebut. Dengan hadiah yang cukup menggiurkan, banyak yang mengikuti tantangan tersebut, termasuk saya.

Target saya dalam sebulan mengikuti tantangan tersebut, bisa membaca minimal 20 buku sampai selesai. Target yang logis menurut saya. Karena bulan Desember 2016, saya sanggup menyelesaikan 15 buku. Apa daya, sampai akhir bulan, saya hanya sanggup menyelesaikan 11 buku. Banyak alasan yang bisa diajukan karena gagal memenuhi target sendiri. Ibarat makanan yang dipilih tidak sesuai selera, terpaksa dikunyah perlahan-lahan sampai habis. Begitu pula pilihan buku yang kubaca, ada yang seperti makanan. Jadinya buku tersebut lama selesai kubaca. Padahal buku tersebut hanya sekitar 200-an halaman, syarat minimal halaman buku yang dibaca. Minggu ketiga, mag saya kambuh. Boro-boro mikir buku yang harus diselesaikan. Saya terkapar hampir seminggu menahan sakit dan harus istirahat total. Dan alasan terakhir, buku yang selesai dibaca harus diresensi. Kalau bulan Desember 2016, buku yang kuselesaikan hanya dibaca tetapi tidak diresensi.

Ketika tantangan yang kuikuti ini sudah berjalan, tidak lagi terpikir hadiah. Yang menjadi prioritas adalah membaca buku yang dipilih sampai selesai. 

Buku-buku yang selesai kubaca:
1. Jingga dan Senja - Esti Kinasih
2. Jingga dalam Elegi - Esti Kinasih
3. Puya ke Puya - Faisal Oddang
4. Tiga Burung Kecil - Clara Ng Book Project (Mikha Ramadewi, Tjatursari Oetoro, Josefine Yaputri)
5. Jingga untuk Matahari - Esti Kinasih
6. Promise - Dwitasari
7. Bella Donna Nova, Kekasih dari Ipanema - Naning Pranoto
8. Today, the Love Begin (First Love Prelude) - Yunoka Takase & Kanan Minami
9. Prelude - Sam Umar
10. Still... - Esti Kinasih
11. O - Eka Kurniawan

Untuk resensinya, mampir saja ke IG-ku @kulanku. 

Kesimpulan yang kuambil setelah menyelesaikan tantangan "30 Hari Membaca" adalah pilihlah buku yang sesuai dengan selera kita, sekalipun halamannya lebih banyak dari yang disyaratkan. Terbukti, buku-buku yang kubaca lebih dari 300 halaman, bisa kuselesaikan antara sehari sampai tiga hari. Terus jaga kesehatan dengan tidak melupakan makan, setidaknya ngemil makanan yang bisa mengganjal perut. Karena kalau sudah keasyikan membaca, kadang-kadang makan terlupakan, seperti saya.

Jakarta, 04 Juni 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar